page contents Service Manual Foto Copy: Tips mencegah error pada hardisk canon ir5000/6000 dll
........PESAN SEKARANG BUKU SERVICE MANUAL "GRATIS" DRIVER PRINTER & SCANER CANON SEMUA TYPE IR.........

25 Mar 2011

Tips mencegah error pada hardisk canon ir5000/6000 dll

Kode E 602 – 001 s/d 004 adalah kode yang mengalamatkan adanya masalah pada hardisk mesin foto copy .biasa hal ini terjadi pada kesalahan pengoperasian mesin atau keadaan listik yang tidak stabil.berikut tips memperkecil hal ini terjadi.

Cara Shut down atau mematikan mesin fotocopy

Baiknya tekan switch Off yg di panel control terlebih dahulu (tunggu 5-10 detik) untuk memastikan putaran harddisk pelan, barulah matikan Main power Switch/Switch utama di samping mesin fotocopy.

Pastikan tegangan listrik dalam kondisi stabil,

Kita ketahui tegangan listrik PLN di negara kita adalah 220 volt, ada kemungkinan di wilayah kita besaran tegangan listriknya kurang stabil (bisa lebih atau kurang dari 220 v toleransi  +/- 20 volt) kita dapat ukur dgn alat AVO Meter atau minta bantuan teknisi utk mengukurnya. jika memang tidak stabil, disarankan untuk menggunakan alat Stabilizer tegangan (Auto Voltage Regulator) agar putaran Harddisk mesin fotocopy kita tdk berubah-ubah.

Batasi penggunaan fasilitas Scan Mailbox fotocopy


Bagi kita yg sering menyimpan dokumen/file buku pada Scan mailbox, disarankan untuk membatasinya dan tidak lebih dari 70% dari kapasitas mailbox mesin fotocopy yg ada, sbb kapasitasnya terbatas akan memberatkan sistem kerja harddisk mesin foto copy, sangat dianjurkan bila ada PC / komputer utk menyimpan file/ dokumen pada komputer kita.

Kalau anda perhatikan mungkin tips diatas terlihat sepele, tapi jika anda tidak memahami bagaimana perlakuan atau cara penanganan terhadap mesin fotocopy akibatnya akan fatal terutama bagian harddisk pada mesin fotocopy anda akan cepat rusak, Sedia payung sebelum hujan mungkin peribahasa itulah yg tepat untuk tips diatas. Selamat mencoba….
Salam,